PT Semen Indonesia Ajak Siswa Kenal Nusantara dan Cinta Tanah Air

PT Semen Indonesia (Persero) Tbk menyelenggarakan program Siswa Mengenal Nusantara untuk 20 siswa dan siswi SMA, SMK dan SLB berprestasi di Provinsi Sulawesi Utara.

Program Siswa Mengenal Nusantara dikemas dalam bentuk pertukaran pelajar agar lebih memahami khasanah Indonesia. Khusus untuk siswa dan siswi Provinsi Sulawesi Utara, akan diajak berkunjung ke Provinsi Papua selama sepekan.

Kegiatan Siswa Mengenal Nusantara oleh PT Semen Indonesia (Persero) Tbk merupakan bagian dari program BUMN untuk Negeri. Turut hadir dalam penyematan atribut Siswa Mengenal Nusantara yaitu Direktur Hukum dan SDM PT Semen Indonesia (Persero) Tbk Agung Yunanto dan Kabiro Otonomi Khusus Pemprov Papua Haryoko Rumaropen.

Agung mengatakan, perusahaannya menyelenggarakan ajang Siswa Mengenal Nusantara melalui sistem pertukaran pelajar antar provinsi untuk tingkat SMA, SMK dan SLB yang berprestasi.

“Sebanyak 20 siswa SMA, SMK, SLB dan tiga pendamping dari Provinsi Sulawesi Utara selama satu pekan akan mengikuti program untuk mengenal Provinsi Papua dengan berkunjung ke berbagai tempat sejarah serta edukasi. Sebaliknya, 31 siswa SMA, SMK, SLB dan tiga pendamping dari Papua akan mengunjungi Sulawesi Utara,” ujar Agung melalui keterangan resmi tertulis ke media, Sabtu (22/7).

Agung menjelaskan, kegiatan ini bertujuan agar para siswa maupun siswi memiliki rasa bangga serta cinta Tanah Air terhadap kekayaan dan keragaman Nusantara di setiap provinsi dikunjungi melalui interaksi sosial.

Selama sepekan, 20 siswa dan siswi berprestasi di Sulawesi Utara bakal menyambangi Danau Sentani, mempelajari pengerjaan batik Port Numbay, melihat pembuatan garam Suku Dani, belajar proses pemeliharaan lebah hingga jadi madu serta mendatangi Tugu Perbatasan Papua dan Papua Nugini.

Kegiatan lainnya, bersama siswa dan siswi SMA 1 Wamena akan melaksanakan acara bakar batu dan berkunjung ke SMA 4 Jayapura.

“Melalui pertukaran pelajar ini, perusahaan berkomitmen memupuk dan menumbuhkan rasa kebanggaan berbangsa dan bertanah air, khususnya kepada generasi muda pelajar. Menumbuhkan kesadaran bahwa keragaman itu kekuatan Indonesia. Di tangan generasi muda, potensi bangsa yang besar dapat diolah dengan baik,” tutur Agung. (has/sp)

Sumber : Financial.id
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s