Bermodal Rp5 Miliar, Semen Indonesia Bikin Perusahaan Bahan Bangunan  

Optimalkan potensi pasar di sektor hilir, PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SMGR) mendirikan perusahaan patungan di sektor bahan bangunan bernama PT Semen Indonesia Industri Bangunan. Perusahaan itu dibentuk oleh perseroan dan anak usahanya, PT Semen Indonesia Beton. Transaksi ini dianggap termasuk kategori transaksi afiliasi.

Perseroan mengungkapkan, modal dasar Semen Indonesia Industri Bangunan itu sebesar Rp4 miliar dan modal disetor Rp1 miliar, di mana komposisi kepemilikan Semen Indonesia sebesar 99% dan Semen Indonesia Beton sebesar 1%. Jumlah modal dasar dan disetor Semen Indonesia Industri Bangunan itu akan secara bertahap ditambah sesuai kebutuhan pengembangan perusahaan baru itu.
Semen Indonesia Industri Bangunan akan menjadi strategic toolsperseroan di industri hilir semen untuk meningkatkan daya saing perseroan. Selain itu, tujuan transaksi itu juga untuk menangkap peluang pertumbuhan industri bahan bangunan sebagai sumber pertumbuhan baru serta meningkatkan sinergi antaranak perusahaan.
Sumber dana yang digunakan untuk pendirian PT Semen Indonesia Industri Bangunan berasal dari kas internal perseroan dan SIB. Produksi semen perseroan akan digunakan sebagai bahan baku utama kegiatan usaha Semen Indonesia Industri Bangunan untuk menghasilkan produk yang mempunyai nilai tambah sehingga secara tidak langsung akan meningkatkan kinerja perseroan.
Menurut Head of Research Reliance Sekuritas, Robertus Yanuar Hardy, dampak dari aksi korporasi itu akan positif untuk perseroan meskipun baru bakal dirasakan secara penuh pada periode mendatang.
“Aksi ini merupakan usaha perseroan untuk melakukan diversifikasi usaha dengan ekspansi ke hilir, di mana sebagai produsen semen, selama ini perseroan bergerak di industri hulu dari bahan bangunan,” katanya.
Dia juga menambahkan, harga jual barang di hilir lebih tinggi sehingga aksi korporasi Semen Indonesia diharapkan dapat menaikkan nilai penjualan perseroan pada masa mendatang. Oleh karena itu, Yanuar merekomendasikan buy untuk SMGR.
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s