Ramadhan dan “Ibadah Perusahaan” PT Semen Indonesia

img-20170616-wa0006

PT Semen Indonesia (Persero) Tbk –sebagai perusahaan BUMN– tak tinggal diam ikut peduli kepada masyarakat kelas bawah. Apalagi saat Ramadhan yang kini tinggal beberapa hari lagi berakhir. PT Semen Indonesia (Persero) Tbk menunjukkan komitmennya ikut serta membangun bangsa dan masyarakat Indonesia melalui program-program kepedulian sosial.

Bulan suci Ramadhan sepertinya menjadi momentum perusahaan pelat merah tersebut semakin dekat dengan masyarakat. Tampak dari beberapa kegiatan yang dilaksanakan PT Semen Indonesia (Persero) Tbk, khususnya di wilayah pabriknya beroperasi.

Salah satunya seperti di Rembang, Jawa Tengah. PT Semen Indonesia (Persero) Tbk menyelenggarakan buka puasa bersama anak yatim piatu dan kaum dhuafa. Setelahnya juga ada pemberian santunan dan bantuan sarana ibadah kepada warga Rembang. PT Semen Indonesia membangun dan meresmikan pula lho taman bacaan di sana.

Dalam acara santunan, diberikan 500 paket ke anak yatim piatu, penyerahan 6000 kain sarung dan 2000 mukenah, 1000 Al Quran untuk masjid serta pesantren dan 1000 tas sekolah kepada siswa di Rembang. Sebanyak 200 anak dari keluarga kurang mampu juga memperoleh beasiswa pendidikan.

Rasanya jika memperhatikan beragam program sosial yang terselenggara, PT Semen Indonesia (Persero) Tbk ingin kehadiran pabriknya beroperasi di Rembang bukan merugikan masyarakat. Sebaliknya menjadi saudara terhadap masyarakat sekitar.

Program lainnya, belum lama ini tersiar kabar PT Semen Indonesia (Persero) Tbk menyediakan 5500 paket sembako murah di Gresik, 8000 paket di Rembang, 15000 paket di Tuban, 1200 paket di Padang, 2200 paket di Tonasa. Kemudian di Aceh ada 5000 paket sembako murah, 1050 paket di Banyuwangi, di Banjarmasin dan Ciwandan sejumlah 1200 paket sembako murah serta di Madura ada 1000 paket.

Paket sembako murah tersebut dihadirkan PT Semen Indonesia (Persero) Tbk melalui Pasar Ramadhan 2017 di setiap wilayah operasionalnya. Hasil penjualan sembako murah digunakan untuk santunan kepada anak yatim piatu dan kaum dhuafa.

Apa kepedulian sosial lagi yang dipersembahkan PT Semen Indonesia (Persero) Tbk untuk masyarakatnya? Paling baru: mudik Lebaran gratis tanggal 19 Juni 2017 untuk masyarakat berpenghasilan rendah. PT Semen Indonesia (Persero) memberikan pelayanan empat armada bus kepada 180 orang masyarakat yang ingin bersilaturahmi di kampung halamannya ketika Lebaran.

Serentetan program kepedulian sosial dari PT Semen Indonesia (Persero) Tbk semoga membukakan mata hati kita bahwa perusahaan ekstraktif bukan perusak alam dan kehidupan warga di wilayah operasinya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s