Warga Minta Presiden Resmikan Pabrik Semen Rembang

5219

Presiden Joko Widodo dituntut segera meresmikan industri milik PT Semen Indonesia di Rembang (Semen Rembang), Jawa Tengah, sehingga pabrik dapat beroperasi tanpa kendala.

 

Laskar Brotoseno juga menyatakan kesiapannya menjadi perantara masyarakat dengan pihak pabrik Semen Rembang. Sikap tersebut merupakan rekomendasi Musyawarah Besar Laskar Brotoseno ke I, yang berlangsung di Desa Timbrangan, Rembang, Selasa (20/6).

 

“Lahirnya Laskar Brotoseno tidak bisa lepas dari sejarah berdirinya pabrik PT Semen Indonesia di Rembang,” ujar Panglima Laskar Brotoseno Achmad Akhid, melalui keterangan resmi tertulisnya kepada media.

 

Akhid mengungkapkan, masyarakat yang tinggal berdekatan dengan Semen Rembang amat merasakan manfaat positif dengan keberadaan pabrik. Hal itulah yang menjadi alasan Laskar Brotoseno menyampaikan tuntutan ke Presiden.

 

Laskar Brotoseno, tutur Akhid, bakal terus mendukung serta mengawal keberadaan pabrik Semen Rembang hingga proses beroperasinya.

 

“Warga berharap Laskar Brotoseno bisa menjadi penyambung aspirasi masyarakat terhadap keberadaan pabrik Semen Rembang kepada pihak lain,” kata Akhid.

 

Oleh sebab itu, Akhid mengungkapkan, masyarakat ingin Laskar Brotoseno berjuang mengawal pendirian Semen Rembang dan azas manfaat yang dirasakan secara agama, ekonomi, sosial dan budaya.

 

Warga Ring 1 pabrik Semen Rembang melingkupi Desa Tegaldowo, Kadiwono, Pasucen, Kajar serta Timbrangan. Mayoritas massa yang tergabung dalam Laskar Brotoseno merupakan warga Ring 1 pabrik Semen Rembang.

 

Saat ini pabrik Semen Rembang masih belum dibolehkan melakukan penambangan hingga menunggu rampungnya penelitian tahap kedua oleh tim KLHS Kendeng.

 

Kendati demikian, pabrik Semen Rembang direncanakan mulai melakukan operasi komersialnya sebelum akhir semester pertama tahun 2017.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s