BUMN Siapkan 118.220 Kursi Gratis

louwcxg1s6

Sinergi 28 badan usaha milik negara (BUMN) tahun ini mampu mengirim 118.220 pemudik ke kampung halaman masing-masing. Angka itu naik 28% dari 2016 yang jumlahnya 92.014 pemudik.

Menteri BUMN Rini Soemarno menargetkan pada mudik tahun depan sinergi BUMN mampu menambah kapasitas angkutan umum sehingga bisa mengangkut 250 ribu pemudik.

“Target tahun depan 250 ribu pemudik. Ke depan kalau bisa lebih banyak BUMN yang menyelenggarakan mudik gratis sehingga bisa membantu masyarakat,” ujar Rini seusai melepas rombongan bus pemudik di Taman Mini Indonesia Indah (TMII), kemarin.

Mudik gratis yang diselenggarakan kali ini mengambil tema mudik bareng guyub rukun dengan 84 kabupaten/kota tujuan. Tidak hanya bus, juga terdapat 11 rangkaian kereta api, 17 kapal laut, dan 24 pesawat yang mengangkut TKI dari Hong Kong.

Untuk mencapai target itu, Rini menyebut pendaftaran mudik secara daring yang sudah dimulai tahun ini bisa diumumkan lebih awal sehingga pemudik bisa memesan lebih awal.

Semen Indonesia sebagai salah satu dari 28 BUMN yang ikut serta dalam program mudik gratis mengaku selalu berkomitmen turut serta membantu masyarakat agar bisa mudik gratis.

Direktur Keuangan Semen Indonesia Darmawan Junaidi menyebut komitmen itu dibuktikan dengan selalu ikutnya Semen Indonesia dalam program mudik gratis BUMN yang dimulai sejak tahun lalu.

“Kita sudah sejak awal ikut, memang kita berkomitmen membantu masyarakat untuk mudik,” ujar Darmawan saat ditemui di lapangan. Darmawan menyebut, untuk tahun ini, Semen Indonesia menyiapkan empat bus.

Empat bus itu terdiri dari 2 bus jurusan Solo yang berangkat dari TMII dan Terminal Cipete, serta 1 bus jurusan Madiun dan 1 bus jurusan Lamongan yang berangkat dari Serang, Banten.

“Rata-rata penumpang setiap bus 45-48 orang, jadi kita berangkatkan sekitar 180 orang,” ucapnya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s