Semen Indonesia Bantah Langgar KLHS Pegunungan Kendeng

 

PT. Semen Indonesia membantah telah melanggar kajian lingkungan hidup strategis (KLHS) yang dikeluarkan pemerintah. Sekretaris Perusahaan, Agung Wiharko menjelaskan, aktivitas yang dimaksud bukan aktivitas yang dilarang dalam KLHS.

Kata dia, KLHS hanya melarang perusahaan untuk melakukan kegiatan tambang.

“KLHS melarang kami untuk melakukan penambangan tapi pabriknya belum beroperasi. Bahkan Pak San Afri Awang pada saat meninjau pabrik di Rembang bersama Komisi IV DPR-RI mengatakan, semen Rembang bisa membeli penambang di sekitar lokasi itu,” kata Sekretaris Perusahaan, Agung Wiharko kepada KBR, Senin (12/06). 

Agung melanjutkan, “jadi kami dilarang menambang, pabrik boleh beroperasi. Itu sesuai dengan KLHS I. Ledakan itu untuk membuat akses jalan. Ada dua titik yang tidak bisa kami ratakan dengan peralatan biasa. Kami mendapatkan izin dari warga sekitar. Kami juga sudah melakukan sosialisasi.”

Ia menambahkan, upaya pembukaan akses itu perlu dilakukan agar tidak mengganggu warga sekitar.

“Jadi suara ledakan yang didengar itu untuk buka jalan. Bukan untuk menambang,” katanya.

 

Selain itu ia mempertanyakan sikap warga yang hanya memprotes PT Semen Indonesia semata. Padahal kata Agung, perusahaan semen lain di sana, juga melakukan aktivitas pengeboman dalam rangka untuk menambang.

“Kalau yang kami lakukan bukan menambang, loh ya. Banyak perusahaan lain bahkan yang menambang, tapi tetap saja kami yang diprotes,” ujarnya.

Sementara terkait KLHS yang dikeluarkan pemerintah, Agung menegaskan, perusahaannya akan mematuhi apapun yang ada dalam aturan tersebut.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s