Dukungan Semen Indonesia Rembang dari Pemerintah dan Warga Rembang

4c8ed959-599b-458a-a53d-fa2804ff08e5_169

PT Semen Indonesia (Persero) Tbk, sebagai salah satu Badan Usaha Milik Negara (BUMN), menegaskan bahwa aktivitas produksi pabrik Semen Rembang dilakukan sesuai prosedur dan arahan pemerintah. Operasioal pabrik disesuaikan dengan rekomendasi Tim Pelaksana Kajian Lingkungan Hidup Strategis (KLHS).

Sekretaris Perusahaan PT Semen Indonesia Tbk Agung Wiharto mengatakan aktivitas pabrik Semen Rembang berjalan sesuai prosedur dan rekomendasi Tim KLHS. Adapun kegiatan yang berjalan saat ini adalah peledakan untuk pemerataan jalan. Namun, hal itu tidak terkait sama sekali dengan aktivitas pertambangan.. “Jadi tidak benar ada tudingan bahwa peledakan itu di aeral tambang. Hanya pelebaran jalan,” ujarnya.

Dikatakan, aktivitas pelebaran dan pemerataan jalan tersebut untuk menunjang operasional perusahaan dan mempermudah akses logistik. Terkait kajian Tim KLHS, Semen Indonesia mendukung untuk dilakukan kajian lanjutan yang lebih ilmiah, termasuk batasan fisiografi zona Kendeng, zona Randublatung, dan zona Rembang. Demikian juga kesesuaian antara desk study (berdasarkan data-data skunder) dengan fakta-fakta di lapangan, termasuk fakta dampak lingkungan terhadap kegiatan penambangan di cekungan air tanah (CAT) di seluruh Indonesia yang telah ditambang selama puluhan tahun.

Sebagaimana diketahui, PT Semen Indonesia (Persero) Tbk. merupakan BUMN sekaligus perusahaan terbuka (Publik) segera menyampaikan keterbukaan informasi terkait status Pabrik Semen Rembang, mengingat keputusan pembangunan Pabrik Semen Rembang diputuskan Rapat Umum Pemegang Saham sesuai ketentuan perundangan bidang pasar modal yang diawasi ketat OJK.

Hingga saat ini, lanjutnya, pabrik semen Rembang telah memenuhi sekitar 35 perijinan dan selalu mematuhi semua aturan dan regulasi terkait yang berlaku dan sudah siap beroperasi. Apalagi, pabrik di Rembang tetap dapat beroperasi dengan menggunakan bahan baku tersedia yang tidak berasal dari warga sekitar lokasi. “Bahan baku diperoleh dari luar sampai ada keputusan tentang kegiatan penambangan,” ujar Agung.

 

Mendukung

Secara terpisah, Laskar Brotoseno menyampaikan pandangan terkait upaya beberapa pihak yang ingin menggagalkan pengoperasian pabrik Semen Indonesia di Rembang. Dalam acara buka puasa bersama Laskar Brotoseno dengan warga pada Rabu (7/6) malam, sejumlah tokoh masyarakat dan tokoh agama dari desa-desa seputar pabrik di Kecamatan Gunem, Kabupaten  Rembang sepakat untuk meminta para elit politik di Jakarta agar memperhatikan kondisi riil lapangan.

Dalam keterangan persnya disebutkan, kesepakatan yang dilontarkan Ahmad Achid,  warga Timbrangan, bahwa keberadaan pabrik yang sudah siap beroperasi sangat menggembirakan warga.   “Ratusan anak anak kami sudah mulai diajak bekerja di pabrik,” ungkapnya.

Karena itu, dia dan sejumlah tokoh meminta kepada para elit politik di Jakarta untuk membantu memperjuangkan kemakmuran warga Rembang.

Dia menegaskan, pihak-pihak yang terus berupaya melobi untuk menggagalkan pabrik semen di Rembang saat ini sama sekali tidak mewakili aspirasi warga.

Hal senada dilontarkan Eko Indriyanto,  tokoh pemuda desa Timbrangan bahwa para LSM dan aktivis itu tidak pernah  berbuat apapun dan hanya provokator yang mencoba mencari keuntungan dari polemik pabrik Semen Indonesia di Rembang. Untuk itu,  para tokoh warga seputar pabrik sepakat akan melakukan apapun demi beroperasinya pabrik Semen Indonesia di Rembang.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s