Pajak Galian C Jalan Produksi Pabrik Semen Telah Terbayarkan

pajak-400x241

PT Semen Gresik memberikan klarifikasi atas adanya pemberitaan yang menyebut PT Semen Indonesia Persero Tbk menunggak pajak galian C tanah uruk dengan volume 1 juta ton meter kubik senilai Rp 1,5 miliar.

Dalam klarifikasi yang dilakukan PT Semen Gresik kepada Badan Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPPKAD) Rembang itu disebutkan, tunggakan galian C terkait akses pabrik semen di Desa Kadiwono Bulu sudah terbayarkan.

Kepala Proyek PT Semen Indonesia di Rembang, Heru Indra Widjayanto menjelaskan, PT Semen Gresik telah membayarkan kewajiban perpajakan sesuai dengan ketentuan kepada rekanan. Pajak yang sudah terbayarkan melalui rekanan itu, juga termasuk PPN, PPH dan galian C jika dalam transaksi pajak ada nilai yang harus terhitung.

“Karena PT Semen Gresik di Rembang belum memiliki Wajib Pungut (Wapu), maka kewajiban pajak sudah kami bayarkan termasuk jadi satu dengan harga material yang ditentukan. Kalau Semen Gresik di Rembang sudah memiliki Wapu, maka langsung dipotong pajaknya. Sehingga perlu diluruskan, kata-kata Semen Indonesia menunggak pajak,” terang Heru.

Ia mengakui, pembangunan jalan produksi pabrik semen di Kadiwono yang menggunakan tanah uruk untuk pengerasan memang dilakukan pada 2016. Namun, perintah kerja kepada kontraktor PT Swadaya Graha baru baru dimulai 10 Desember 2016.

Ada pembelian material untuk pengerasan di titik lain dalam pabrik melalui perusahaan afiliasi PT KWSG. Namun, jumlahnya kecil tidak sampai satu juta ton meter kubik sebagaimana pernah disebutkan BPPKAD Rembang.

“Pekerjaan yang oleg PT Swadaya Graha itu juga sempat terhenti pada 17 Januari 2017 ketika Gubernur Jateng mencabut izin lingkungan PT Semen Indonesia. Baru dilanjutkan pada 28 Februari 2017. Jadi mana mungkin ada tunggakan satu juta ton meter kubik,” ujarnya.

Sementara itu, Kabid Pendapatan BPPKAD Kabupaten Rembang, Romli mengakui, setelah dilakukan pengecekan ulang, para kontraktor yang terlibat pengerjaan pengerasan jalan produksi pabrik semen telah melakukan kewajiban terkait perpajakan.

“Para kontraktor yang terlibat pengerasan jalan produksi pabrik semen telah melakukan kewajibannya menjadi satu paket dengan tonase yang dibayarkan, rutin setiap bulan. Bisa dicek di BPPKAD,” tandasnya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s