Mapag Tanggal di Rembang

 

Mapag Tanggal merupakan tradisi jawa untuk menyambut datangnya momen momen penting,  semisal kelahiran anak dan juga bulan bulan penting seperti bulan puasa.  Mapag Tanggal yang diadakan di Makam Jatikusumo ini merupakan tradisi warga untuk menyambut datangnya bulan suci puasa,  atau dalam istilah arabnya disebut tarhib ramadhan.

 

Profil dan sejarah Jatikusumo

 

Pangeran citro tenoyo. Keturunan dari amangkurat IV.  Nama samaran beliau dalam peperangan adalah noyosentiko,  atau noyogimbal.  Nama ini sangat mashur karena didasaru oleh sumpahnya yang tidak akan mencukur rambut sebelum penjajah hengkang dari bumi pertiwi.

 

Pelaksanaan Mapag Tanggal pada tahun ini menjadi peringatan yang paling bersejarah.  Bagi warga,   peran semen indonesia yang telah merehab makam ini menjadi dorongan semangat spiritual tersendiri bagi warga.

 

Adapun upacara mapag tanggal tahun ini akan dimeriahkan dengan kirab 99 tumpeng yang diarak oleh laskar brotoseno yang membawa 99 bendera merah putih.

 

99 tumpeng merupakan perwujudan dzikir asmaul husna yang menandakan bahwa warga gunung buthak, kec gunem kab rembang merupakan masyarakat religius.

 

Sedangkan 99 bendera merah putih merupakan ijtihad laskar brotoseno untuk mengenang semangat nasionalisme dan perjuangan eyang jatikusumo dalam mengusir penjajah asing.

Dengan peringatan ini,  warga berharap negara kita terbebas dari antek antek asing yang mencoba melemahkan bangsa dan negara ini,  baik secara ekonomi,  sosial maupun budaya.

 

Singkat kata,  bersama PT Semen Indonesia warga makin optimis menatap masa depan dan kemakmuran Rembang.  Warga seputar pabrik juga akan terus berkolaborasi dengan PT semen Indonesia untuk senantiasa melestarikan tradisi, budaya, dan kearifan lokal demi terjaganya kebesaran dan kewibawaan bangsa.

 

Gunung Buthak,  Rembang 25 Mei 2017

 

Akhmad Achid

Sesepuh Laskar Brotoseno

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s