Semen Indonesia Dapat Penghargaan dari Kementerian ESDM

WhatsApp Image 2017-05-18 at 8.46.30 PM

PT Semen Indonesia menerima penghargaan ‘utama’ untuk pengelolaan lingkungan izin usaha pertambangan 2015 dan 2016 dari Direktorat Jendral Mineral dan Batubara Kementerian ESDM.

Penghargaan tersebut diterima Kepala Departemen Raw Material Production Semen Indonesia, Musiran di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta Kamis (18/5) lalu.

Kadept Raw Material Production Semen Indonesia, Musiran mengatakan 2015 merupakan tahun pertama bagi Semen Indonesia mengikuti penilaian sekaligus pertama meraih penghargaan dalam acara Penganugerahan Penghargaan Pengelolaan Lingkungan Pertambangan dalam kategori kelompok Izin Usaha Pertambangan (IUP).

Di mana Semen Indonesia merupakan satu-satunya perusahan yang membidangi industri semen yang mendapatkan penghargaan ini.

“Guna menjaga dan tetap merawat keberlanjutan lingkungan hidup, Semen Indonesia dalam operasinalnya menerapkan prinsip kerja perusahaan yang aman, sehingga tidak merusak lingkungan,” ujar Musiran.

Semen Indonesia memiliki tahapan yang taat lingkungan dalam pengelolaannya. Adapun tahapan pengelolaan lingkungan PT Semen Indonesia itu yakni dimulai dari perencanaan, penanaman dan pembibitan.

“Hingga nantinya bagaimana mengelola pertambangan sendiri selepas ditambang,” terang Musiran.

Salah satu bukti pengelolaan tambang yang ramah lingkungan adalah penggunaan alat Wirtgen dan vermer menggantikan metode blasting atau peledakan.

Di mana alat ini mengurangi kebisingan dan debu ketika dilakukan penambangan yang berdekatan dengan pemukiman warga.

“Selain itu perusahaan juga menginisiasi terbentuknya Green Belt dan Green Barrier yang berfungsi menjaga udara di kawasan pabrik agar tidak tercemar oleh polusi. Green Belt dan Green Barier adalah filter alami polusi debu sekaligus pencipta oksigen,” jelas Musiran

Dengan adanya penghargaan tersebut diyakini akan semakin memacu pelaksanaan pengelolaan lingkungan tambang dan reklamasi pasca-tambang yang berkelanjutan.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s