Cegah Asing Kelola Semen Satu Harga, DPR Minta Pengelolaannya oleh PT Semen Indonesia

5172

Keinginan Presiden Joko Widodo agar harga semen di Papua dapat setara dengan Jawa mendapat dukungan dari DPR sebab wujud kepentingan nasional.

“Papua adalah salah satu bagian dari Indonesia. Seharusnya masyarakat Papua menikmati seperti di Jawa. Selama semen satu harga untuk kepentingan nasional, DPR dukung. Itu bagus,” ujar anggota Komisi VI DPR dari Partai Gerindra Abdul Wachid, Jumat (12/5).

Kendati demikian, Wachid mengingatkan agar jangan sampai penerapan semen satu harga antara Papua dan Jawa membuat kesulitan tanggungan yang lebih besar kepada perusahaan BUMN.

“Jangan sampai malah BUMN mengalami kerugian besar,” ucap Wachid.

Guna mengantisipasi hal itu, Wachid berpendapat, bisa dilakukan melalui cara subsidi transportasi dan harga. Cara tersebut untuk menekan kendala distribusi semen ke Papua yang selama ini terganjal jalur transportasi sehingga mahal.

“Jangan nantinya beban dipikul oleh PT Semen Indonesia karena sulitnya transportasi. Pemerintah Indonesia bisa lakukan subsidi,” Wachid menuturkan.

Namun, Wachid menilai, untuk saat ini belum perlu diberikan penyertaan modal negara kepada BUMN guna merealisasikan semen satu harga Papua dan Jawa.

Menurut Wachid, itu sudah tertutupi oleh pola subsidi ke sektor transportasi dan harga agar menepis beban tanggungan perusahaan BUMN.

“Tidak perlu dulu penyertaan modal negara. Kalau nanti sudah berjalan, maka bisa subsidi ke transportasi dan harga itu. Semen satu harga juga sudah bentuk intervensi negara,” ujar Wachid.

Wachid mengungkapkan, upaya lain yang harus segera disikapi pemerintah dengan memberikan kewenangan kepada PT Semen Indonesia sebagai BUMN untuk mengelola terwujudnya semen satu harga antara Papua dan Jawa.

Dengan memberikan kewenangan itu, kata Wachid, pengelolaan semen satu harga Papua dan Jawa tetap di bawah kendali pemerintah. Apalagi kabarnya, beberapa industri semen asing milik Cina juga sudah mengajukan pembangunan pabriknya di Papua.

Pola lainnya, ujar Wachid, pemerintah juga dapat membangun pabrik semen milik BUMN di Papua untuk memangkas kendala jarak.

Pada akhir April lalu, PT Semen Indonesia bersama empat BUMN lainnya, Pelni, Pos Indonesia, Pelindo dan Angkasa Pura telah menandatangani kesepakatan distribusi logistik merealisasikan semen satu harga Papua dan Jawa. (has)

Sumber : Financial.id
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s