AKUN: Pabrik Semen di Rembang Jangan Dipolitisasi

Pembangunan pabrik semen di Rembang, Jawa Tengah, milik PT Semen Indonesia (Persero) Tbk jangan dipolitisasi agar pro-kontra dapat diakhiri, kata Ketua Aliansi Kedaulatan Untuk Negeri (AKUN) Solihin.
“Pro-kontra pembangunan pabrik semen di Rembang tidak kunjung usai. Persoalan pembangunan pabrik semen itu hanya bisa diakhiri jika pemerintah secara tegas berpatokan kepada hukum yang berlaku,” katanya di depan Gedung Agung Yogyakarta, Jumat.
Di sela-sela aksi “Tolak Politisasi Semen Indonesia”, Solihin mengatakan Keputusan Mahkamah Agung yang dipatuhi dan dijalankan oleh Gubernur Jawa Tengah dan PT Semen Indonesia seharusnya dihormati semua pihak.
“Sudah seharusnya tidak lagi ada peluang bagi pihak lain untuk memaksakan kepentingannya melalui aksi jalanan,” kata Solihin.
Menurut dia, aksi tersebut sebagai dukungan kepada pemerintah agar segera menyelesaikan polemik pabrik semen di Rembang.
Solihin yakin kasus semen di Rembang milik PT Semen Indonesia hanya akan selesai jika pemerintah pusat mengambil kebijakan yang berpatokan pada hukum, bukan menyelesaikannya berdasarkan pertimbangan politis atau pertimbangan ekonomi.
“Persoalan semen Rembang menjadi berlarut-larut karena adanya pihak-pihak yang berupaya memaksakan kehendak,” kata dia. Pemaksaan kehendak itu tidak berpatokan pada aturan hukum,” katanya.
Ia menegaskan jalan terbaik bagi pemerintah adalah menjunjung tinggi dan menjalankan hukum dalam setiap kebijakannya bagi kesejahteraan rakyat. Pemerintah harus konsisten terhadap rencana strategi
nasional.
“Kami mendorong pemerintah segera mengambil keputusan yang tepat, mengingat Semen Indonesia merupakan BUMN yang mampu menyerap tenaga kerja dan menumbuhkan perekonomian Indonesia,” kata dia.
Di sisi lain, baik warga maupun PT Semen Indonesia diharapkan bisa mengesampingkan ego masing-masing dan duduk bersama untuk menemukan “win-win solution”.
“Kami juga berharap pro-kontra segera bisa diselesaikan agar energi bangsa tidak banyak terkuras untuk kasus pabrik semen di Rembang dan tidak menimbulkan kerugian yang lebih besar bagi bangsa dan negara,”
kata Solihin.
 
 
 
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s