Hermawan-Kikiek: Bahaya, jika KLHS berbeda dengan hasil Penelitian Kementerian ESDM

Pendiri CONCERN, Stretegic Think Tank, Prof (Ris) Dr. Hermawan Sulistyo meminta hasil penelitian Kementerian ESDM untuk menjadi pertimbangan Kementerian KLHK dalam mengeluarkan Hasil Kajian Lingkungan Hidup Strategis (KLHS) terkait pabrik semen Rembang.
“Jika KLHS berbeda dengan penelitian Kementerian ESDM, sangat berbahaya. Ada apa dengan pemerintahan Jokowi?” ujarnya di Jakarta menanggapi surat yang dikirimkan Menteri ESDM itu.
Pengamat yang akrab disapa Kikiek itu menambahkan, bahwa aksi kontra yang mengatasnamakan Jaringan Masyarakat Peduli Pegunungan Kendeng (JMPPK) di bawah pimpinan aktivis asal Pati itu, adalah salah alamat. Memaksakan Kawasan Kendeng seolah-olah rusak oleh berdirinya pabrik semen Rembang.
“Selain sudah sangat jelas, bahwa wilayah tambang pabrik semen Rembang bukan zona pegununungan Kendeng, mereka juga harus tahu, bahwa aksi kontra itu bukan suara rakyat Rembang yang hampir semuanya mendukung keberadaan pabrik semen Rembang,” paparnya.
Satu hal lagi yang disesalkan Kikiek adalah klaim JMPPK bahwa di lokasi tambang pabrik semen Rembang terdapat gua-gua yang bermata air jernih.
“Rembang itu tidak jauh. Ada di Pulau Jawa. Boleh dicek di lapangan. Silakan datangi gua-gua yang disebut Guretno. Jika kita ke lokasi yang dimaksud Gunretno, yang ada adalah lubang-lubang kecil dan kering. Ini fakta,” tegas tokoh pergerakan itu.
Itu artinya, menurut Kikiek, sudah tidak ada lagi persoalan terhadap keberadaan, bahkan beroperasinya pabrik semen Rembang. Selain perbaikan Amdal sudah beres, dan disusul penerbitan izin baru dari Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, keberadaan pabrik semen Rembang juga nyata-nyata didukung oleh hampir semua warga Rembang, khususnya yang ada di ring 1 dari pabrik.
“Jangan terpengaruh provokasi orang Pati. Silakan datang dan lihat sendiri faktanya di lapangan. Dengan begitu kita akan tahu, bahwa di lokasi pabrik semen Rembang, suasana sangat kondusif,” tegas Kikiek.
Karenanya, ia berharap, Kajian Lingkungan Hidup Strategis dari Kementerian LHK, selaras dengan penelitian Kementerian ESDM.
“Rakyat tidak bodoh. Jangan sampai terpengaruh provokasi kosong JMPPK dan antek-antek asing lainnya. Atau pilihannya, rakyat Rembang pro pabrik semen akan bergerak mendobrak siapa pun yang merampas hak mereka untuk sejahtera,” pungkas Kikiek.

http://www.suara-kita.com/2017/03/hermawan-kikiek-bahaya-jika-klhs.html?m=1

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s