Gunretno dan Joko Harus Bertanggungjawab Atas Meninggalnya Peserta Cor Kaki

Patmi, (45) asal Desa Larangan, Kecamatan Tambakromo, Kabupaten Pati, Jawa Tengah, meninggal dunia Selasa 21 Maret 2017, Pukul 02.55 dini hari. Wanita itu adalah salah satu peserta aksi demonstrasi cor kaki di depan Istana Negara yang menolak keberadaan pabrik PT Semen Indonesia di Rembang.
 
Pengamat Juni Thamrin mengatakan, Gunretno dan Joko Prianto harus bertanggung jawab atas kematian seorang peserta cor kaki. Sebagai orang yang paling bertanggungjawab atas demo cor kaki, terutama Perempuan, Gunretno dan Joko Prianto harus bertanggungjawab secara hukum.
 
Hal tersebut sudah diingatkan dari hari pertama, jangan korbankan perempuan dalam cor kaki. Bahkan tetangga mereka dari Rembang sudah melaporkan pada Mabes Polri, khususnya unit Perempuan Dan anak. “Jangankan demo cor kaki yang menjemur diri di depan istana negara, para jamaah haji saja harus memperhatikan kesehatannya. Apalagi yang mempunyai penyakit kronis sebelumnya,” tutur Thamrin, Selasa, (21/3).
 
Bahkan hal yang menyedihkan lagi, lanjut dia, korban tidak mengerti apa- apa yang sedang diprotes di depan Istana Negara. Karena pada kenyataannya Pabrik Semen Rembang sama sekali tidak berlokasi di Pati seperti yang mereka tuntut.
 
“Gunretno dan Joko Prianto harus bertanggungjawab secara hukum, jangan jadikan perempuan tameng untuk meraih ambisi politik sendiri. Pihak keluarga juga dapat menuntut pelaksana demo ini,” ungkap Juni Thamrin.
 
Karena ini termasuk dalam ranah hukum, maka polisi seharusnya segera mengambil alih masalah ini. Untuk menyakinkan publik atas penyebab kematian itu perlu segera dibuatkan visum atas penyebab kematiannya. Juni Thamrin mengatakan, ini pelajaran penting dari kejadian ini.
 
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s