Tinjau Pabrik Semen di Rembang, Kapolda Jateng Minta Warga Tidak Mudah Terprovokasi

Kapolda Jawa Tengah Inspektur Jenderal Condro Kirono meninjau proses pembangunan pabrik Semen Indonesia di Kecamatan Gunem, Kabupaten Rembang, Jumat (3/3/2017). Hingga Jumat sore, perkembangan pembangunan pabrik berkapasitas 3 juta ton pertahun itu mencapai 99,16 persen.

Condro datang meninjau bersama Kepala Staf Kodam IV Diponegoro Brigadir Jenderal Joni Supriyanto. Keduanya melihat langsung bangunan pabrik, hingga mendengar pemaparan dari perwakilan pengelola Semen Rembang.

“Terima kasih kepada para pihak termasuk PT Semen Indonesia sama-sama mengedepankan langkah-langkah hukum yang sedang berjalan,” kata Condro, mengawali sambutan.

Terkait penanganan Semen Rembang ini, Kapolda minta jajaran Polres Rembang selaku yang bertugas di lapangan untuk mengambil langkah pencegahan agar menciptakan situasi yang kondusif. Upaya pengesahan bisa dilakukan melalui sosialisasi maupun pembinaan dan penyuluhan.

“Berikan informasi sebanyaknya kepada masyarakat agar Rembang tetap kokoh dan tidak mudah terprovokasi,” pesannya.

Perwakilan PT Semen Indonesia Gatot Mardiana mengatakan, pembangunan pabrik semen di Rembang saat ini telah menghabiskan biaya Rp. 4,9 Triliun. Pihak pabrik juga sampai saat ini masih belum beroperasi untuk melakukan penambangan.

“Karyawan hanya melakukan pengaman dan perawatan bangunan dan mesin,” ucap Gatot yang juga Kepala Biro Operasi PT Semen Gresik tersebut.

PT Semen Indonesia saat ini sudah diperbolehkan beroperasi sejak Jumat (24/2/2017). Hal itu berdasar surat keputusan gubernur Jateng tentang kegiatan operasional pembangunan dan penambangan.

Usai mendapat izin, perseroan langsung mengajukan izin lanjutan terkait dengan rencana operasi pabrik di Kabupaten Rembang berkapasitas 3 juta ton.

“Kurang satu, yaitu Izin Usaha Pertambangan (IUP), tapi kami sudah serahkan. Kami sudah menyerahkan seketika itu ketika izin lingkungan diputuskan,” kata Agung Wiharto, Sekretaris Perusahaan PT Semen Indonesia, Februari lalu.

http://regional.kompas.com/read/2017/03/03/19200031/tinjau.pabrik.semen.di.rembang.kapolda.jateng.minta.warga.tidak.mudah.terprovokasi

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s