DPR Apresiasi Keputusan Gubernur Ganjar soal Semen Rembang

Ketua Komisi VI DPR Teguh Juwarno mengapresiasi keputusan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo yang telah menerbitkan izin lingkungan untuk pabrik PT Semen Indonesia di Rembang (Semen Rembang). Diketahui, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo memastikan bahwa pabrik semen Rembang sudah bisa beroperasi mulai Jumat, 24 Februari 2017.

Dengan terbitnya izin lingkungan pabrik Semen Rembang, sambungnya, dapat memberikan kepastian untuk dunia usaha di Tanah Air. Selain itu juga mendorong pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat di Rembang secara khusus serta keseluruhan di Jawa Tengah.
“Mendukung langkah Gubernur Ganjar karena telah menerbitkan kembali izin lingkungan kepada Semen Rembang yang selama ini telah dibangun dan berdiri di Rembang,” ujar Teguh, kemarin.

Secara pribadi, ia mengakui amat mengenal karakter dan segala tindakan Ganjar sebagai kepala daerah. Dengan begitu, menurut Teguh, keputusan Ganjar pasti atas pertimbangan yang cermat. “Seseorang yang amat cermat dalam bertindak,” imbuhnya.

Sementara, Wakil Ketua Komisi VI DPR Azam Azman Natawijana mengungkapkan, hingga kini parlemen di komisinya, pun mendukung tindakan Ganjar yang menerbitkan izin lingkungan pabrik Semen Rembang.

“Itu keputusan yang baik. Sampai sekarang Komisi VI DPR mendukung Ganjar menerbitkan izin lingkungan untuk Semen Rembang,” ujar Azam.

Azam meminta, mekanisme lain setelah terbitnya izin lingkungan pabrik Semen Rembang agar segera juga di tindaklanjuti. Menurut Azam, agar Semen Rembang dapat segera beroperasi.

“Setelah izin lingkungan terbit kan ada tahapan selanjutnya izin apalagi, nah itu cepat di urus supaya pabrik Semen Rembang dapat lekas berproduksi,” ucap Azam.

Azam tidak ingin nantinya Indonesia menjadi kekurangan pasokan kebutuhan semen sebab saat ini ada pembatasan impor. Semen Rembang, diharapkan Azam, dapat mengatasi kebutuhan tersebut nantinya.

Diketahui, Pemerintah Provinsi Jawa Tengah pada Kamis 23 Februari menetapkan terbitnya izin lingkungan pabrik Semen Rembang. Sebelumnya, pertengahan Januari lalu Pemerintah Provinsi Jawa Tengah mencabut izin lingkungan Semen Rembang sesuai perintah MA.

Diterbitkannya izin lingkungan Semen Rembang berdasarkan rekomendasi dari rapat Komisi Penilai Amdal yang diikuti perwakilan pemerintah, akademisi dan pakar, masyarakat sekitar areal pabrik, LSM serta kubu massa penolak. Namun, kubu penolak pabrik Semen Rembang meninggalkan persidangan. Diketahui LSM Walhi yang di undang ke rapat penilaian amdal juga tidak datang.

(aky)

http://news.okezone.com/read/2017/02/27/512/1629743/dpr-apresiasi-keputusan-gubernur-ganjar-soal-semen-rembang

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s