Pernyataan Pers: Tim Advokasi Penyelamat Asset Negara selaku Kuasa Hukum Warga Wilayah Ring 1 Pabrik Semen Indonesia di Kecamatan Gunem,Kabupaten Rembang – Jawa Tengah

— Menanggapi pengembangan opini sepihak dan tendensius yang dilakukan oleh sekelompok orang yang mengaku sebagai Warga Rembang Ring 1 Pabrik dengan dibantu beberapa LSM dan yang dianggap sebagai Pakar-pakar terkait, tanpa memperhatikan kepentingan ekonomis warga rembang ring 1 pabrik yang sesungguhnya. Maka kami Tim Advokasi Penyelamat Asset Negara harus menanggapi hal-hal sebagai berikut :

  1. Bahwa kami sudah melakukan penelitian hukum serta mengkonfirmasi dan juga berkonsultasi dengan segenap pihak mengenai Putusan PK Mahkamah Agung RI Nomor : No.99/PK/TUN/2016 yang pada intinya memerintahkan Gubernur Jawa Tengah untuk mencabut Ijin Lingkungan Penambangan sebagaimana termaktub dalam Surat Keputusan Gubernur Nomor 660.1/30 Tahun 2016 beserta kebijakan Gubernur untuk mencabutnya.
  1. Bahwa kami sebagai kuasa hukum warga Ring 1 Rembang walaupun tidak menjadi pihak dalam perkara tersebut, namun sangat berkepentingan langsung terhadap dampak yang timbul dari “kekisruhan” yang disebabkan tindakan Kelompok orang-orang tersebut apapun namanya, apalagi dengan menggalang dukungan-dukungan serta pendapat-pendapat negatif tentang pabrik Semen Indonesia di Rembang. Kamilah yang terlebih dahulu merasakan kerugiannya secara langsung, namun suaranya tidak pernah diperhatikan oleh pihak-pihak yang berselisih faham dalam masalah ini. Seakan-akan suara kami ditenggelamkan dan diklaim oleh pihak-pihak yang mengaku sebagai warga dengan membawa pesan-pesan kemiskinan, lingkungan hidup, dan lain lain dengan mengabaikan kepentingan kami yg merasakan hal-hal yang katanya menjadi alasan “kekisruhan” itu.
  1. Bahwa kami harus menjawab tentang Putusan PK Mahkamah Agung RI Nomor: No.99/PK/TUN/2016 yang semakin diplintir- dengan penegasan hasil konfirmasi dan konsultasi kami sebagai berikut :

3.a. — Sebenarnya putusan PK MA tersebut hanya menyangkut tentang Ijin Lingkungan Penambangan. Namun karena kebijakan diskresi Gubernur Jateng dicabut semua termasuk Ijin Lingkungan Operasi Pabrik.

3.b. — Putusan PK MA a quo sudah dijalankan sepenuhnya bahkan berlebih sebagaimana poin 3.a. diatas.Perintah MA sudah dijalankan sesuai dengan amar putusan tanpa kurang malah lebih.

3.c. — AMDAL adalah berkedudukan hukum sebagai persyaratan Ijin Lingkungan yang berupa hasil Studi Ilmiah dan bukan merupakan Keputusan Tata Usaha Negara karena KTUN nya adalah Ijin Lingkungan itu sendiri. Ibarat Ijin Mendirikan Bangunan (IMB) maka KTUN nya adalah IMB dan Amdal nya adalah Gambar Rencana Bangunan.

3.d. — Tidak ada larangan sepotong kata pun dalam Putusan PK MA aquo yang untuk menerbitkan Ijin Lingkungan baru. Namun hal ini diplintir dengan tafsiran2 tanpa ada legitimasinya seakan2 menerbitkan Ijin Lingkungan Baru dianggap melawan putusan MA. Kalau mau tahu, yang berhak menafsirkan untuk pelaksanaan Putusan MA adalah Eksekutor Putusan MA tersebut yaitu pihak Pengadilan Tata Usaha Negara Semarang. Silahkan saja ditanyakan kepada PTUN Semarang tetapi kami yakin Pendapatnya adalah Putusan MA tersebut sudah sah dilaksanakan oleh Gubernur Jateng.

3.e. — Bila masih ada ketidakpuasan terhadap kesempatan yang diberikan Gubernur Jateng untuk melakukan perbaikan dan pada akhirnya mengeluarkan Ijin Lingkungan baru. Maka kami peringatkan pihak-pihak yang tidak puas tersebut membawanya ke jalur hukum. Insyaa Allah kali ini kami akan berdiri didepan untuk menghadangnya dijalur hukum yang berlaku.

Semarang 23 Faebruari 2017

Tim Advokasi Penyelamat Asset Negara selaku Kuasa Hukum Warga Wilayah Ring 1 Pabrik Semen Indonesia di Kecamatan Gunem,Kabupaten Rembang – Jawa Tengah.

(H.Achmad Michdan,SH)

Advokat/Koordinator

(H.Akhmad Kholid,SH)

Advokat/Wakil Koordinator

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s