PERNYATAAN WARGA: SURAT TERBUKA WARGA DESA-DESA SEKITAR PABRIK SEMEN

Bersama surat ini kami warga Kabupaten Rembang, khususnya yang tinggal dan hidup di desa-desa seputar pabrik semen PT Semen Indonesia di Rembang (Desa Tegaldowo, Desa Timbrangan, Desa Pasucen, Desa Kajar, dan Desa Kadiwono) ingin menyampaikan rasa keprihatinan atas polemik pembangunan Pabrik Semen Indonesia di Rembang setelah keluarnya putusan Mahkamah Agung.

Keputusan MA tersebut membuat kami khawatir kehilangan mata pencaharian kami, sumber mata pencaharian kami serta masa depan kemajuan desa desa kami. Sebab sekarang sudah banyak saudara-saudara kami yang bekerja dan menggantungkan hidupnya dari pabrik semen. Ada banyak pula fasilitas-fasilitas umum yang sudah dibantu perbaikannya oleh pabrik semen.

Sesungguhnya pendirian pabrik semen PT Semen Indonesia di Rembang sudah kami rasakan manfaatnya, meski belum beroperasi. Anak-anak kami, khususnya para pemuda yang sebelumnya menganggur saat ini sudah bisa bekerja di pabrik semen. Banyak pula diantara kami yang meningkat tarap hidupnya dengan adanya pabrik semen. Perlu kami sampaikan pula bahwa meskipun belum beroperasi keberadaan pabrik semen betul betul sudah memberikan manfaat bagi kemajuan desa-desa kami. Maka kami yakin bahwa beroperasinya pabrik semen bisa menjadi tumpuan masa depan anak cucu kami kelak di kemudian hari.

Perlu kami sampaikan bahwa hingga ini kondisi desa desa di seputar pabrik semen PT Semen Indonesia sangat kondusif dan tidak ada konflik sosial sebagaimana yang sering dimunculkan di media media olh pihak pihak yag menginginkan pabrik semen tidak beroperasi. Bahkan yang terjadi saat ini adalah mayoritas warga seputar pabrik mulai gelisah dengan tertundanya penerbitan izin lingkungan dan operasi pabrik semen dari Gubernur Jateng. Hal itu, karena tertundanya penerbitan izin tersebut mengakibatkan hal hal sebagai berikut:

  1. Kurang lebih enam ribuan orang tenaga kerja pabrik semn saat ini masih di rumahkan dan terancam kehilangan pekerjaannya
  2. Perekonomian warga yang selama ini ikut terbantu geraknya oleh efek positif kehadiran pabrik semen menjadi terganggu, sehingga warga khawatir kondisi ini akan menimbulkan masalah sosial,ekonomi, dan keamanan.

Berdasarkan semua itu, kami dengan segala kesungguhan memohon kepada pemerintah dan seluruh pihak pihak terkait untuk:

  1. Memikirkan nasib kami semua yang sangat besar jumlahnya dibanding mereka yang menolak.
  2. Terkhusus kepada pihak pihak tertentu yang saat ini ikut melibatkan dalam polemik pabrik semen ini dengan bermaksud menghadang operasional pabrik semen, kami memohon kepada saudara saudara untuk bertanggung jawab dengan nasib dan masa depan kami bila pabrik semen tidak jadi beroperasi.
  3. Memohon kepada pihak pihak terkait untuk tidak ikut memperkeruh suasana dengan menyebarkan berita berita tidak benar yang justru mengadu domba kami.

Bersama surat ini, kami juga meminta kepada Pemerintah agar tetap Memberikan Izin Operasi bagi pabrik semn PT SI agar kami tetap bisa bekerja dan menghidupi keluarga-keluarga kami. Kami memohon kepada saudara-saudara sebangsa setanah air untuk mendengar nurani kami dan nasib kami.

Rembang, 21 Februari 2017

Tertanda Warga Rembang

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s