Polemik Pegunungan Kendeng, Tim KLHS Nasional Siap Paparkan Hasil Kajian

Berbagai rangkaian kegiatan dilakukan oleh tim Kajian Lingkungan Hidup Strategis (KLHS) Pegunungan Kendeng di Jawa Tengah.

Sederetan aktivitas tersebut diketahui guna menyikapi perkembangan terakhir kelayakan Pegunungan Kendeng sebagai areal penambangan. Salah satunya, menyangkut pertambangan untuk pabrik Semen Indonesia di Rembang (Semen Rembang).

Terungkap informasi jadwal kunjungan tim KLHS Pegunungan Kendeng selama di Jawa Tengah antara lain tanggal 11-14 Januari menyambangi sekitar lokasi penambangan di Rembang untuk melakukan observasi lapangan.

Disana tim KLHS Pegunungan Kendeng sempat bertemu dengan kedua kubu masyarakat yang pro maupun kontra terhadap pabrik Semen Rembang. Selanjutnya tanggal 14-15 Januari tim KLHS Pegunungan Kendeng bakal menggelar rapat di Semarang terkait laporan hasil observasi lapangan serta studi selama ini mengenai kelayakan areal penambangan.

Guna informasi, tim KLHS Pegunungan Kendeng beranggotakan perwakilan dari pemerintah seperti Kementerian LHK, Kantor Staf Presiden serta pakar ekonomi, ekologis dan sosiologis.

Tim KLHS Pegunungan Kendeng di ketuai oleh Direktur Jenderal Planalogi dan Tata Kelola Lingkungan Kementerian LHK San Afri Awan. Deputi II Kantor Staf Presiden Yanuar Nugroho juga tercatat dalam deretan tim serta yang akan ikut pada rapat laporan observasi di Semarang.

Nama-nama lain dari disiplin ilmu lingkungan antara lain Sudharto P Hadi dari Universitas Diponegoro dan Suryo Adiwibowo juga ikut masuk dalam susunan tim KLHS Pegunungan Kendeng.

Tim KLHS Pegunungan Kendeng dibentuk berdasarkan hasil rapat November tahun lalu di Semarang. Saat itu, Kepala Kantor Staf Presiden mengungkapkan bahwa tim KLHS Pegunungan Kendeng akan bekerja secara netral, obyektif, ilmiah untuk memutuskan kelayakan pegunungan sebagai lokasi penambangan.

Begitu juga dengan Suryo pernah menyatakan bila timnya dipastikan independen serta bakal meneliti semua keterangan dari industri yang akan, sedang dan sudah melakukan penambangan di Pegunungan Kendeng.

Suryo menyebutkan, tak terkecuali pihak Semen Rembang akan diminta penjelasannya sebagai perusahaan industri yang sedang berpolemik akibat penambangannya.

Terkait terbentuknya tim KLHS Pegunungan Kendeng ini, berbagai kalangan sudah mengemukakan responnya. Salah satunya DPR yang meminta agar tim bekerja tanpa keberpihakan dan meminta agar kinerjanya transparan.

Bahkan DPR berkomitmen akan mengawasi putusan tim KLHS Pegunungan Kendeng nantinya apakah dianggap obyektif dan netral. (rul/er)

http://financial.id/newsreader/Polemik_Pegunungan_Kendeng,_Tim_KLHS_Nasional_Siap_Paparkan_Hasil_Kajian

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s