Hati-hati Tim KLHS Tidak Independen

Tidak independennya Tim Kajian Lingkungan Hidup Strategis (KLHS), yang dibentuk oleh pemerintah pada November 2016 untuk melakukan studi kelayakan Pegunungan Kendeng, salah satunya memberikan rujukan dalam polemik pembangunan Semen Rembang, patut mengemuka karena beberapa hal berikut:

Pada 11 Januari lali,  sebuah media memberitakan Tim KLHS akan melakukan gelar pembuktian masalah penambangan di kawasan Pegunungan Kendeng, Rembang Jawa Tengah yang menjadi lokasi pendirian pabrik semen yang sedang berpolemik. Gelar perkara teraebut didasari hasil pertemuan Tim KLHS dengan beberapa pihak. Nah inilah yang menjadi dugaan tim tersebut bertindak tidak independen, Tim KLHS hanya mengundang perwakilan dinas ESDM Jateng dan perwakilan Jaringan Masyarakat Terpadu (JMPPK), yang sejak dari awal merupakan pihak kontra semen tanpa mengundang pihak yang mendukung Semen Rembang.

Padahal, Ketua KLHS, Dr. Soeryo Adiwibowo, pernah membuat statement yang dimuat media online nasional pada Desember lalu, intinya memastikan tim KLHS akan bekerja obyektif, tanpa kepentingan dan terdiri dari para pakar independen di bidang masing-masing cabang pengetahuan, sehingga tak berpihak. Dan memastikan, penelitian tim KLHS Pegunungan Kendeng bersikap ilmiah dan netral. Tim KLHS dalam kerjanya bakal meminta semua keterangan dari para pihak yang berada di wilayah bentangan alam Pegunungan Kendeng sebagai data. Nah loh, kok beda?

Padahal juga, Kepala Kantor Staf Presiden, Teten Masduki, dilain waktu memastikan bahwa Tim Kajian Lingkungan Hidup Strategis (KLHS) terkait semen Rembang akan bekerja secara independen dan nantinya hasil keputusan KLHS bersifat objektif, tidak ditunggangi kepentingan dan tekanan, ilmiah dan sesuai data juga fakta.

Dilain pihak, DPR melalui Ketua Komisi IV Viva Yoga, sudah meminta rakyat untuk percaya sepenuhnya kepada Tim KLHS ini menyelesaikan polemik semen Rembang.

Menarik untuk melihat perkembangan kedepan, yang katanya tanggal 17 Januari besok akan keluar putusan final soal semen Rembang ini. Mungkin ditanggal itu, kita bisa mendapatkan kesimpulan Tim KLHS bekerja independen seperti kata Soeryo Adiwibowo atau sebaliknya.***

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s