Seribu Buruh Akan Istighosah Dukung Semen Rembang

Setelah melakukan aksi di depan kantor gubernur, Kamis (29/12), Aliansi Masyarakat Buruh Jateng akan kembali melakukan aksi pada tanggal 17 Januari mendatang. Di tanggal itu, pemerintah akan mengeluarkan keputusan final terkait kelanjutan pabrik Semen Indonesia di Rembang.

Bentuk aksi berupa istighosah di Jalan Pahlawan Semarang yang diperkirakan diikuti sekitar seribu buruh dari sejumlah wilayah di Jawa Tengah. Diantaranya dari Rembang, Pati, Solo, Semarang, dan Kedu.

“Kami ingin mendoakan agar keberadaan pabrik semen bisa berlanjut dan bermanfaat bagi masyarakat. Kami juga mendoakan agar pihak penolak mau melihat secara objektif keberadaan pabrik semen,” kata Koordinator Umum Aliansi Masyarakat Buruh Jateng di Semarang, Selasa (3/1).

Setidaknya ada dua alasan pemberian dukungan. Pertama, pabrik semen akan menyerap ribuan tenaga kerja sehingga secara langsung meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar. Kedua, semakin banyaknya investor yang masuk di Jateng maka akan mempengaruhi peningkatan upah minimum kabupaten/kota (UMK) kedepannya. Sehingga upah rata-rata di Jateng tak selalu kalah dari provinsi tetangga.

Ketertinggalan Jateng bisa dilihat dari nominal upah. UMK Jatim tahun 2017 paling tinggi ialah Kota Surabaya yang sudah mencapai Rp 3,296 juta. Bandingkan dengan UMK 2017 tertinggi di Jateng yakni di Kota Semarang yang hanya Rp 2,1 juta.

Koordinator Bidang Hukum Aliansi Masyarakat Buruh Jateng, Joko Margito mengatakan masyarakat butuh lapangan pekerjaan.

“Aliansi Buruh Jateng menuntut pemerintah mengizinkan operasional pabrik PT Semen Indonesia di Rembang. Keberadaan pabrik semen tersebut dinilai bagus untuk menambah lapangan pekerjaan kepada masyarakat,” kata Joko.

Sebelumnya, Gubernur Ganjar Pranowo mengatakan putusan Mahkamah Agung (MA) tak menyatakan penutupan pabrik, melainkan pencabutan izin lingkungan.

“MA tak menyatakan itu (penutupan pabrik). Apakah izin dicabut, pasti dicabut. Tapi apakah dicabut saja lalu pabrik ditutup, atau dengan tambahan diktum-diktum, tunggu keputusannya 17 Januari nanti,’’ kata Ganjar sewaktu mempertemukan kedua kubu, pendukung dan penolak, pendirian pabrik semen Rembang.

(Hanung Soekendro/CN39/SM Network)

http://berita.suaramerdeka.com/seribu-buruh-akan-istighosah-dukung-semen-rembang/

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s