Keberanian Ganjar dalam Persoalan Semen Rembang

Pada Selasa, 13 Desember lalu, Ganjar Pranowo, Gubernur Jawa Tengah dalam acara Talk Show di Radio Sindo Trijaya Semarang secara tegas mengkonfrontasi Gunretno untuk membuktikan nama-nama penolak pabrik semen Rembang yang berjumlah 2.501. Bukan tanpa alasan, adanya nama semisal Saeful Anwar alamat Manchaster pekerjaan Presiden RI 2025, Sudi Rahayu alamat Amsterdam pekerjaan Menteri, Zaenal Muklisin alamat Rembang pekerjaan Power Rangers, Bobi Tri S alamat Rembang pekerjaan Ultraman, adapula yang mencantumkan data pekerjaan sebagai copet terminal, merupakan bukti pendukung dalam persidangan di MA. Pada akhirnya, Gunretno bilang “Saya tidak tahu.”

Dari situ bisa ditarik dua hal, pertama bahkan Gunretno pun tidak paham betul soal penolakannya. Kedua, Ganjar menunjukkan keberanian pada sikapnya sebagai Gubernur, sebagai pejabat publik Ganjar mengambil sebuah keputusan yang tepat meskipun ditengah polemik dan rongrongan segelintir orang yang bahkan sampai menyerang pribadi Ganjar. Addendum dan pembentukan kecil yang beranggotakan perwakilan dari Kementerian LHK, Kementerian BUMN, Pemerintah Provinsi Jawa Tengah dan Kantor Staf Presiden, adalah sebuah keputusan yang berimbang. Nantinya akan bekerja untuk merekomendasikan keputusan akhir Semen Rembang pada 17 Januari mendatang.

Aksi para penolak semen Rembang yang sudah tidak objektif lagi dan cenderung menyerang pribadi Gubernur memungkinkan adanya agenda politik terselubung. Ini seperti yang diungkapkan pengamat politik TB Massa Djafar. Dikutip dari financial.id, arah penolakan yang sudah berbelok dari kampanye kelestarian lingkungan menjadi serangankepada Gubernur ada kepentingan politik individu lain terkait dukungan suara pemilihan kepala daerah di masa mendatang.

Meski demikian, Ganjar tidak perlu khawatir. Dukugan berbagai elemen dari ulama sekelas KH Maimoen Zubair, DPR RI melalui Komisi VI, Teguh Juwarno denga tegas mendukung berlanjutnya pabrik semen Rembang karena merupakan investasi negara, begitupun Pemerintah Daerah Kabupaten Rembang, DPRD Rembang, LSM semacam Semut Abang dan Komras Rembang, Pemerintah Pusat melalui Kementerian BUMN, KLHK dan Staf Kepresidenan, Partai Politik sekelas PDIP dan Golkar serta besarnya dukungan warga Rembang dan Jawa Tengah.

Sepakatnya elemen-elemen tersebut merupakan modal besar bagi Ganjar sebagai Gubernur Jateng untuk tidak gentar dalam menentukan berlangsungnya pabrik Semen Rembang 17 Januari mendatang, modal besar untuk melawan intervensi Gunretno dan LSM abal-abal melalui kampanye negatif di media sosial dan pemberitaan. Dan modal besar untuk menunjukkan sikap politik yang penting kepada masyarakat, bahwa masalah semen Rembang tidak memiliki kepentingan apapun, semua hanya demi kepentingan nasional.***

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s