2 Ribu Warga Rembang Demo Dukung Pabrik Semen

WhatsApp Image 2016-12-07 at 16.07.53.jpeg

Semarang (beritajatim.com) – Ribuan warga Rembang, Jawa Tengah, Selasa (13/12/2016), mendatangi kantor Gubernur Jawa Tengah guna menyampaikan dukungannya kepada pihak pemerintah provinsi yang memutuskan pabrik Semen Rembang) boleh terus beroperasi.

Menurut koordinator aksi tersebut, M Waid, jumlah warga Rembang yang ikut menyambangi kantor Gubernur Jawa Tengah berkisar dua ribuan orang. Ribuan warga ini juga turut mengucapkan terima kasihnya kepada Gubenur Jawa Tengah Ganjar Pranowo atas sikapnya yang mengizinkan pabrik semen tetap beroperasi sebab memberikan manfaat positif untuk taraf ekonomi masyarakat.

Menurut Waid, keputusan Ganjar patut mendapatkan dukungan sebab tidak mengabaikan aspirasi warga Rembang yang mayoritas ingin pabrik semen disana terus beroperasi. Dia berharap, Ganjar selaku pemimpin daerah tetap tegas serta tidak mudah dipengaruhi dan keputusannya oleh tekanan segelintir kelompok massa yang menolak keberadaan Semen Rembang.

“Terima kasih pak Ganjar. Lanjutkan pabrik semen di Rembang, jangan goyah. Pikirkan nasib kami semua, pabrik Semen Rembang amat kami dukung,” ujar Waid.

Salah seorang tokoh masyarakat lainnya dari Rembang, Suhartini, menyatakan, mayoritas warga amat meyakini bahwa beroperasinya Semen Rembang akan bermanfaat, terutama untuk membangun daerah semakin sejahtera. Apalagi, tutur Suhartini, Semen Rembang merupakan milik negara yang jelas diatur dalam UUD 1945 bahwa keberadaannya bertujuan meningkatkan kemakmuran rakyat.

Sementara, salah seorang warga yang ikut pada aksi ini, Gus No, mengungkapkan rasa herannya terkait selama ini banyaknya penambangan ilegal di Rembang tapi tidak digugat. Sebaliknya, Semen Rembang sebagai milik negara malah ditolak.

“Para aktivis dan LSM sebaiknya jangan membodohi warga Rembang untuk kepentingan politiknya,” kata Gus No.

Sebelumnya, Asisten Pemerintahan Sekretariat Daerah Pemerintah Provinsi Jawa Tengah Siswo Laksono mengatakan bahwa pabrik Semen Rembang tidak akan dihentikan operasinya. Hal itu berdasarkan izin lingkungan yang telah diterbitkan oleh Ganjar pada 9 November lalu atas nama perubahan dari PT Semen Gresik kemudian berganti menjadi PT Semen Indonesia.

Polemik Semen Rembang bermula saat Mahkamah Agung mengabulkan gugatan izin lingkungan kegiatan penambangan terhadap PT Semen Gresik yang diajukan sekelompok orang. Permohonan gugatan sebelumnya di tingkat PTUN Semarang dan PTUN Surabaya ditolak majelis hakim.

Kabarnya, pabrik Semen Rembang telah merampungkan proses pembangunannya mencapai 97 persen dan siap beroperasi tahun depan. Pabrik Semen Rembang menelan biaya investasi hingga Rp 4,97 triliun dan mampu berproduksi 3 juta ton setiap tahun.

>> Sumber <<

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s