Ternyata Badan Geologi Tak Larang Semen Indonesia Beroperasi di Rembang

Ternyata Badan Geologi Republik Indonesia tidak melarang adanya pembangunan pabrik Semen Indonesia di Rembang Jawa Tengah, tidak seperti dalam pemberitaan yang banyak beredar.

Memang, pada awalnya Badan Geologi mengirimkan surat kepada Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, terkait rencana penambangan batugamping oleh PT Semen Indonesia. Surat tersebut bernomor 3131/05/BGL/2014 tertanggal 1 Juli 2014 yang menyatakan penolakan rencana tersebut. Namun pada akhirnya, Kepala Badan Geologi saat itu, Dr. Surono, mengirimkan klarifikasi terhadap pernyataannya sendiri.

Nah, pada surat klarifikasi ini dengan nomor 4474/05/BGL/2014 Badan Geologi berdasarkan Pasal 89 ayat (1) PP 43/2008 perlu mengingatkan kepada berbagai pihak tentang kemungkinan adanya resiko kesrusakan sumber air dan pengaturan perlindungan air di kawasan tersebut.

Setidaknya, Badan Geologi menyampaikan 7 poin utama yang ditandantangani langsung oleh Dr. Surono, agar tercapai perlindungan air tanah di CAT Watuputih.

Pertama, Semen Indonesia perlu melakukan kajian teknis imbuhan air tanah secara rinci. Kedua, untuk menjaga keseimbangan air tanah maka perlu mempertahankan daya dukung dan fungsi daerah imbuhan. Ketiga, melakukan upaya pemulihan kondisi dan lingkungan air tanah pada daerah yang telah dieksploitasi melalui tahapan reklamasi. Keempat, membangun sumur monitoring untuk memantau perkembangan fluktuasi muka air tanah dan membangun alat monitoring debit mata air. Kelima, untuk menjaga daya dukung akuifer terhadap suatu kegiatan pertambangan perlu didukung secara rinci didalam upaya pengelolaan lingkungan (UKL) dan upaya pemantauan lingkungan (UPL) maupun mengenai dampak lingkungan (Amdal). Keenam, dilarang melakukan penambangan dalam radius 200 meter dari lokasi pemunculan mata air. Dan ketujuh, untuk wilayah penambangan yang berada pada kawasan sempadan mata air agar memperhatikan pemanfaatan ruang untuk ruang terbuka hijau dan pelarangan kegiatan yang dapat menimbulkan pencemaran terhadap mata air.

Maka jelas sebetulnya, Badan Geologi tidak melarang rencana penambangan batuganping PT Semen Indonesia di Rembang.***

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s