Semen Indonesia, Sebuah Aset Kemandirian Bangsa

whatsapp-image-2016-10-21-at-13-43-04

PT Semen Indonesia dulu bernama Semen Gresik yang didirikan oleh Presiden RI pertama, Ir Soekarno pada tanggal 7 Agustus 1957 di Gresik dengan kapasitas terpasang saat itu 250ribu ton semen per tahun dan pada tahun 2014 kapasitas terpasangnya naik mencapai 31,8 juta ton per tahun.

Pada tanggal 7 jan 2013, PT Semen Gresik Persero Tbk bertransoframsi menjadi PT Semen Indonesia Persero Tbk yang merupakan sebuah strategic holding untuk menaungi empat operating company yakni PT Semen Padang, PT Semen Gresik, PT Semen Tonasa dan Thang Long Cement Vietnam yang diakuisisi pada tanggal 18 desember 2012. Hal tersebut menjadikan Semen Indonesia sebagai BUMN Multinasional Corporation pertama di Indonesia.

Semen Indonesia sebagai Startegic Holding lebih berfokus kepada kebijakan strategis perusahaan yang mencakup investasi, Sumber Daya Manusia (SDM), keuangan, pemasaran, distribusi dan logistik, pengadaan, pengembangan usaha, riset serta engineering. Sedangkan 4 perusahaan operating company berfokus memproduksi semen berkualitas terbaik dengan biaya paling efisien.

whatsapp-image-2016-10-21-at-13-42-30

Untuk menunjang bisnis utamanya, Semen Indonesia juga didukung oleh anak perusahaan non-semen sebagai Strategic Tools antara lain meliputi unit usaha pertambangan, kemasan semen, transportasi & distribusi, perdagangan, konstruksi, ready mix dan lainnya.

Semen indonesia merupakan BUMN pertama yang tercatat sebagai perusahaan publik di bursa efek indonesia pada tanggal 8 juli 1991. Struktur kepemilikan saham yang terdiri dari 51,01% milik pemerintah dan 48,99% milik publik.

Pembentukan Strategic Holding selain bertujuan mensinergikan potensi milik perusahaan, juga semakin mengukuhkan posisi Semen Indonesia sebagai perusahaan terkemuka di Asia Tenggara yang menguasai sekitar 44% pangsa pasar Indonesia dan menjangkau pasar ekspor.

Keunggulan Semen Indonesia dalam bersaing dengan perusahaan asing didukung oleh 4 pabrik semen terintegrasi di lokasi strategis, 13 unit kiln, 26 cement mill, 11 pelabuhan khusus milik sendiri, lebih dari 25 packing plant, serta 365 jaringan distributor dalam negeri dan 32 distributor di vietnam yang tersebar di wilayah perusahaan pemasaran.

Semen indonesia terus melakukan riset sebagai upaya untuk menghasilkan produk berkualitas terbaik sesuai standar internasional. Dan telah dipercaya dalam mendukung pembangunan nasional oleh pemerintah. Dalam hal kinerja keuangan perusahaan, selama lima tahun terakhir terus menunjukan pertumbuhan berkelanjutan yang mendukung perusahaan untuk terus melakukan ekspansi usaha.

Sumber daya manusia sebagai aset perusahaan yang berharga terus dioptimalkan melalui budaya inovasi yang terus didorong sebagai langkah strategis dalam meningkatkan daya saing perusahaan kedepan. Semen indonsia center of teh CHAMPS dibentuk untuk mempersiapkan SDM terbaik. Meraih visi menjadi perusahaan persemenan terkemuka dan menuju perusahaan engineering kelas dunia.

Selain strategi pemasaran dan produksi, Semen indonesia mempunyai tanggung jawab besar terhadap pengelolaan lingkungan dan sosial antara lain pada proses produksi telah menggunakan teknologi mutakhir yang ramah lingkungan, dalam program pelestarian alam diwujudkan dalam penghijauan, dan pengalihan fungsi lahan bekas tambang menjadi fasilitas publik yang bermanfaat.

Program sosial dan bina lingkungan dirancang berdasarkan prinsip Common memberdayakan masyarakat sekitar agar tumbuh harmonis sejalan dengan perkembangan perusahaan.

Komitmen dan kerja keras membuahkan berbagai penghargaan di berbagai bidang baik nasional maupun internasional. Diantaranya sebagai The Best Indonesia Green Awards 2016 oleh La Tofi School of CSR dalam ajang Indonesia Green Awards 2016 yang menunjukkan perusahaan paling hijau di Tanah Air. Penghargaan sebagai Korporasi Nasional Terbaik yang diberikan oleh Persatuan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Cabang Jawa Timur. Semen Indonesia menerima penghargaan “Indonesia Most Trusted Company” sebagai Trusted Company Based Investors and Analysts’s Assesment Survey dari majalah SWA. Penghargaan ini diberikan kepada perusahaan terbaik yang telah mengimplementasikan prinsip-prinsip Good Corporate Governance (GCG), transparansi dan pengelolaan risiko dengan baik.

Pencapaian tersebut membuktikan bahwa dengan menjaga keharmonisan profit, people, dan planet Semen Indonesia mampu menghadirkan masa depan cemerlang untuk generasi esok yang lebih baik sebagai sebuah aset kemandirian bangsa.***

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s