Ganjar Pranowo : Semen Indonesia Berhak Lanjutkan Pembangunan

Jakarta (18/10/2016) – Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, menyatakan Semen Indonesia mempunyai hak untuk melanjutkan proses pembangunan pabrik yang sudah berjalan di Rembang. Direncanakan akhir tahun pabrik sudah bisa beroperasi.

“Sampai saat ini kan belum ada salinan putusannya, ya jelas masih berhak untuk berlanjut,” kata Ganjar, seperti dimuat Kompas (17/10).

Ganjar mengaku, telah melaporkan kondisi terkini proses pembangunan pabrik Semen Indonesia di Rembang ke Presiden Joko Widodo. Presiden sempat bertanya terkait proses hukum yang sedang berjalan di Mahkamah Agung (MA).

“Sudah saya laporkan ke Presiden. Kemungkinan Istana akan undang pihak Semen dan BUMN, kira-kira bahas skenario putusan dan masa depan semen,” kata Ganjar.

Ia mengatakan, belum memikirkan langkah selanjutnya karena salinan putusan Peninjauan Kembali dari MA belum diterima. Namun demikian, baik Pemprov Jateng maupun PT Semen Indonesia sudah melakukan pembicaraan dan konsolidasi tentang kemungkinan yang akan terjadi ke depan.

Di lain pihak, ratusan warga Rembang yang tergabung dalam Forum Rakyat Rembang Bersatu (FRRB) sepakat menuntut agar pembangunan sekaligus pengoperasian pabrik Semen Indonesia di Rembang tidak dihentikan.

Mereka menggelar aksi damai di depan Kantor Gubernur Jawa Tengah, Semarang dengan membawa spanduk dan poster bertuliskan tuntutan warga yang mendukung tetap berdirinya pabrik semen PT. Semen Indonesia di Rembang.

“Keputusan MA yang mengabulkan gugatan segelintir orang yang mengatasnamakan warga Rembang, untuk mencabut izin pabrik semen Indonesia di Rembang telah melukai nurani dan rasa keadilan kami. Kehadiran Pabrik Semen Indonesia di Rembang sesungguhnya sudah menjadi harapan baru kami untuk bisa maju dan berkembang,” ujar Abdul Wachid, Koordinator FRRB.

Hal senada dikatakan Tokoh Agama, KH Maimun Zubair atau Mbah Moen, yang meminta kepada Gubernur Jawa Tengah untuk tetap melanjutkan proses pembangunan pabrik Semen Indonesia di Rembang.***

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s