STATUS TANAH PENOLAK PABRIK SEMEN DI REMBANG SUDAH TERJUAL KE BROKER

1417352288

Rembang (12/10/2016) – Status kepemilikan tanah petani yang berada di lokasi pembangunan pabrik PT Semen Indonesia dan saat ini diklaim sebagai lahan pertanian yang terancam hilang, ternyata jauh hari sudah dijual oleh masyarakat kepada para broker atau calo tanah.

Hal tersebut disampaikan Sutini, salah seorang warga Desa Tegaldowo, Kabupaten Rembang, yang menolak beroperasinya pabrik semen milik perusahaan plat merah itu, saat ditemui di tenda penolak pabrik semen, pada Selasa (11/10).

“Ya, sebenernya tanah-tanah petani sudah dijual ke calo lalu dibeli oleh perusahaan,” kata Sutini.

Menurutnya, sebagian kecil petani yang menolak keberadaan pabrik semen memang berasal dari Desa Timbrangan dan Desa Tegaldowo. Mereka khawatir tidak bisa melanjutkan profesinya mengolah lahan pertanian dan mewariskan kepada anak cucu.

Dilain pihak, Ahmad Ridwan, Kepala Desa Kadiwono, membenarkan hal tersebut. Menurutnya, sejumlah warga sudah menikmati hasil penjualan tanah yang digunakan untuk penambangan ataupun yang berada sekitar lokasi berdirinya pabrik. Bahkan, lanjut Ahmad, sebelum PT Semen Indonesia masuk, satu hektar lahan di area tersebut hanya dihargai di bawah Rp15 juta.

“Tapi, setelah PT Semen Indonesia masuk lahan seluas itu bisa dihargai sampai Rp250 juta,” papar Ridwan.

Kebanyakan, lanjut Ridwan, lahan milik petani sekitar pabrik Semen Indonesia sudah dijual kepada broker tanah. Meskipun tanah petani sudah dijual, pihak perusahaan PT Semen Indonesia tetap memperbolehkan petani menggarap di lahan tersebut. Ia menambahkan, sebagian besar lahan untuk areal penambangan memang tidak subur karena berupa batu kapur.

Bagi PT Semen Indonesia, melesatnya harga lahan di lokasi penambangan sudah diperkirakan sebelumnya. Yang diharapkan, uang ganti untung itu bisa digunakan untuk kegiatan produktif sehingga bisa meningkatkan kesejahteraan warga secara berkesinambungan.***

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s